Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Biaya pembuatan aplikasi Harga Membuat Aplikasi Android dan iOS

Harga Membuat Aplikasi Android dan iOS

-

Berbicara tentang membuat aplikasi smartphone seperti smartphone android dan iPhone/iOS dari Apple. Yang pertama muncul di pikiran atau menjadi pertanyaan dari sebagian besar orang yang ingin membuatnya, berapa sih harga membuat aplikasi smartphone itu? Apa yang menjadi parameter penentunya? Dan berbagai jenis pertanyaan lainnya.

Banyak dari kita mungkin bertanya-tanya, berapa budget yang harus kita sediakan untuk pembuatan sebuah software yang bahkan tidak bisa dilihat secara kasat mata seperti aplikasi tersebut. Bahkan kita mungkin berfikir, layakkah mengeluarkan banyak biaya untuk itu.

Mahal atau murahnya harga membuat aplikasi sebenarnya bisa dibilang adalah sesuatu yang relative. Kenapa demikian? Karena ada beberapa parameter yang menentukan besar kecilnya harga untuk membuat sebuah aplikasi.

Sedangkan pada perusahaan PT APPKEY, kami memiliki beberapa parameter yang menjadi penentu harga yang biasa dijadikan acuan. Apa saja itu?

Harga membuat aplikasi

acuan1000

Artikel Terkait  Web Aplikasi : Pengertian dan Keunggulannya

Untuk mengembangkan aplikasi untuk android dan juga iOS rata-rata perusahaan pengembang pasti memiliki parameter mereka sendiri untuk dapat menentukan harga. Begitu juga dengan PT. APPKEY. Kami menentukan harga dengan ketentuan-ketentuan berikut untuk dijadikan acuan. Pun oleh pelanggan, dapat menggunakan acuan ini jika ingin menanyakan harga.

Besar kecilnya system yang harus dibuat

Membuat aplikasi tentunya bukan sesuatu yang sangat mudah untuk dilakukan. Layaknya membangun sebuah bangunan rumah, banyak bahan, ide, hingga konsep harus kita persiapkan dengan matang. Selain itu, dana juga harus ada. Karena jika Anda tidak memiliki keterampilan dalam bidang pengembangan aplikasi, setidaknya Anda harus memiliki dana untuk membiayai proses pengembangan aplikasi yang akan Anda buat.

Berbicara tentang harga membuat aplikasi atau dana yang harus anda siapkan, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah konsep dari aplikasi tersebut. Semakin besar (dalam artian kompleksitas sistemnya) sebuah aplikasi, maka akan semakin besar biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengembangkannya.

Sebagai contoh: Anda tentunya tidak bisa mengharapkan bahwa sebuah aplikasi kuis yang bersifat offline memiliki harga yang sama dengan sebuah aplikasi jual beli online yang kontennya bisa diupdate kapan saja. Karena secara system, aplikasi jual beli online tentunya memiliki system yang lebih kompleks (di mana di dalam paket systemnya harus terdiri dari programnya yang berjalan di ponsel pintar yang program web serta penyimpanan berupa hosting dan alamatnya di internet atau yang disebut dengan domain) jika dibandingkan dengan aplikasi kuis offline.

Jumlah anggota tim pengembang

Setelah mengetahui konsep aplikasi yang ingin dibuat oleh klien, penentu harga membuat aplikasi selanjutnya adalah jumlah anggota team yang terlibat di dalam proses pengembangan aplikasi tersebut. Semakin banyak yang terlibat maka semakin tinggi juga biaya pengembangannya. Untuk membuat sebuah aplikasi game misalnya, yang terlibat di dalamnya paling tidak sebanyak 5 sampai 6 orang yang terdiri dari Perencana (pencetus ide game), Designer (yang bertugas merancang karakater atau latar untuk game tersebut), Programmer (yang bertugas membuat program dengan Bahasa pemrograman tertentu), Tester (yang bertugas melakukan uji coba) dan yang harus ada adalah project manager yaitu orang yang mengetahui dengan benar alur dan tujuan pengembangan program dan bertanggung jawab mengelola project agar berjalan dengan baik sesuai dengan alur pengembangan.

Aplikasi yang kecil biasanya cukup dengan dikerjakan oleh satu orang programmer, namun sebuah aplikasi yang besar apalagi sampai cross platform, biasanya paling tidak memerlukan 5 orang programmer untuk mengerjakannya. Tentu saja harga untuk membuat kedua jenis aplikasi itu sangat berbeda jauh.

Waktu Pengerjaan

Faktor selanjutnya yang bisa menentukan harga membuat aplikasi baik itu untuk android maupun iOS adalah waktu untuk mengerjakan. Rata-rata pengerjaan aplikasi yang mudah sekalipun akan memerlukan waktu sekitar satu bulan sejak mulai di buatnya. Aplikasi-aplikasi ini contohnya seperti aplikasi kuis, katalog, ebook dan lain sebagainya.

Sedangkan aplikasi seperti online shopping, ojek online, aplikasi kurir, aplikasi untuk reservasi biasanya memerlukan waktu yang lumayan panjang dan tentu saja sangat mustahil jika dikerjakan dalam waktu satu bulan saja. Pengerjaan aplikasi ini setidaknya akan memerlukawan waktu paling tidak tiga bulanan. Dan apabila terdapat fitur uniknya bisa memerlukan waktu yang lebih dari itu.

Pada akhirnya waktu yang kita habiskan untuk memprogram itupun akan menjadi penentu harga untuk aplikasi tersebut.

Platform aplikasi yang dikembangkan

Di Indonesia dan bahkan di seluruh dunia terdapat dua jenis platform ponsel pintar yang digunakan oleh masyarakat yaitu pada platform Android dan juga platform iOS. Bukan hanya pada ponsel, website pun juga menjadi salah satu penentunya.

Sebuah contoh kasus: klien A ingin membuat online shopping dimana pelanggan atau calon pembelinya harus dapat mengaksesnya melalui ponsel android, ponsel iOS dan juga melalui web. Kemudian klien B ingin membuat online shopping yang sama namun pelanggannya tidak diharuskan untuk dapat mengakses toko online melalui aplikasi di ponsel iOS, cukup melalui aplikasi di android dan website saja.

Artikel Terkait  Aplikasi Sepi Peminat? Pelajari Penyebabnya agar Tidak Terjadi pada Anda!

Dari kedua klien tersebut, menurut Anda mana yang harga membuat aplikasinya lebih besar? Apabila fitur dalam aplikasi nya sama? Jawabannya adalah klien A, karena platform yang didukung lebih banyak jika dibandingkan dengan klien B. Yang mana klien B tidak memerlukan untuk membuat aplikasi pada platform iOS.

Perlu Anda ketahui bahwa biaya yang dibutuhkan oleh klien A paling tidak setengah kali lebih besar jika dibandingkan dengan klien B.

Harga membuat aplikasi dalam paket hemat

price1000 (2)

Bagi orang-orang yang menjalankan usaha kecil hingga menengah, harga aplikasi yang mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta, tentunya bukan jumlah yang sedikit. Oleh karena itu kami PT APPKEY telah menyediakan paket hemat untuk pembuatan aplikasi baik untuk platform android maupun iOS. Paket aplikasi apa saja itu? Silahkan menyimak uraian berikut ini:

Harga membuat aplikasi online shopping

Dengan semakin banyaknya penggunaan ponsel pintar di masyarakat, perilaku belanja masyarakat pun semakin bergeser ke ranah online. Pembelian produk atau bahkan jasa sudah bukan hal yang ribet dan memakan waktu asal ada internet dan uang. Oleh karena itu website dan aplikasi belanja online pun semakin banyak tumbuh dan berkembang di masyarakat. Beberapa aplikasi belanja online yang terkenal di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Traveloka telah berhasil mengambil alih bisnis perdagangan online di Indonesia dengan jumlah pengguna jutaan dan omset tahunan yang tidak main-main.

Keberhasilan aplikasi-aplikasi tersebut tentunya membuat banyak orang tergiur untuk membuat aplikasi dan memasarkan produk mereka secara online.

Hanya saja harga membuat aplikasi seperti itu tidaklah sedikit bahkan mungkin saja tidak terjangkau oleh para pelaku bisnis kecil hingga menengah. Oleh karena itu kami menawarkan paket hemat pembuatan aplikasi online shopping dengan konsep B2C (Business to Customer) dengan harga terjangkau yaitu mulai dari harga 18 juta Rupiah saja. Dengan ini Anda sudah bisa mendapatkan aplikasi jual beli online pada platform android dan juga iOS. Meski Anda harus membayar biaya lain-lain seperti biaya server, domain dan lain-lainnya. Harga ini bisa dibilang sangat murah untuk sebuah aplikasi belanja online yang untuk membuatnya dari awal mungkin saja akan menghabiskan biaya ratusan juta Rupiah.

Harga membuat aplikasi taxi online

Berbicara tentang taxi online atau ojek online, pasti akan mengingatkan kita kepada aplikasi terkenal seperti Grab dan juga aplikasi Go-jek. Kedua aplikasi ini telah banyak membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat di Indonesia dengan omsetnya yang tidak main-main yang bahkan sudah menyandang predikat startup decacorn.

Hal ini juga yang sepertinya membuat banyak orang ingin mencoba berbisnis di bidang ini. Namun sama halnya dengan aplikasi belanja online, untuk membuat aplikasi seperti kedua aplikasi terkenal di atas diperlukan jumlah biaya ratusan juta bahkan hingga milyaran Rupiah.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin membuat aplikasi berbagi kendaraan seperti itu, PT APPKEY juga menyediakan jasa pembuatan aplikasi taxi online/ojek online yang bisa digunakan di berbagai jenis layanan berbagi kendaraan.

Untuk saat ini, pembuatan aplikasi ini baru hanya tersedia untuk platform android, sedangkan untuk platform iOS masih dalam tahap pengembangan. Untuk dapat menggunakan layanan kami ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar mulai dari 20 juta Rupiah ditambah dengan biaya lain-lain seperti server, domain, pemeliharaan system tahunan dan biaya untuk mengunggah aplikasi ke app market.

Namun untuk informasi lebih lanjut tentang layanan yang kami tawarkan ini, ada baiknya jika Anda mengunjungi situs resmi kami di APPSHOP.CO.ID.

Harga membuat aplikasi pengiriman makanan

Anda memiliki usaha seperti restoran, kafe atau toko kelontong dan ingin memperkuat kehadiran toko anda secara online. Kami juga menyediakan aplikasi pemesanan dan pengiriman produk secara online. Aplikasi ini kami beri nama aplikasi delivery, yang bisa Anda gunakan sebagai marketing tool untuk usaha pengantaran makanan cepat saji seperti pizza, ataupun bisnis lainnya yang berisi layanan untuk pengiriman barang.

Artikel Terkait  Maksimalkan Aplikasi Android dengan “Dark Mode” | Tips Buat Dark Mode Termudah

Harga membuat aplikasi delivery ini juga kami mulai dari Rp. 18 juta dengan beberapa biaya tambahan lainnya yang juga sangat terjangkau yang kami yakin layak untuk Anda coba terapkan pada bisnis Anda.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan ini, jangan lupa untuk terlebih dahulu mengunjungi situs resmi kmi agar Anda memahami tentang layanan yang kami sediakan.

Apabila aplikasi tersebut belum sesuai dengan bentuk bisnis yang sedang Anda kelola, kami juga menerima jasa custom aplikasi dengan biaya tambahan. Jangan lupa untuk menghubungi marketing atau customer service kami melalui email ataupun melalui chat dan telepon. Dan untuk menentukan harga kami akan terlebih dahulu meminta konsep aplikasi yang ingin Anda buat.

Harga membuat aplikasi untuk real estate

Budaya belanja online tidak hanya menyebar dalam perdagangan barang yang sifatnya konsumtif. Kini bisnis di bidang real estate pun sudah begitu berkembang di masyarakat kita. Untuk menjawab kepentingan itu, kami juga menyediakan jasa pembuatan aplikasi untuk pengelolaan real estate. Dengan aplikasi ini, Anda yang memiliki bisnis di bidang real estate tidak akan kesulitan lagi dalam mengelola bisnis Anda.

Begitu juga dengan pengguna, mereka tidak akan lagi kesulitan dalam mencari hunian yang sesuai dengan kebutuhan, minat dan juga budget yang mereka miliki.

Harga membuat aplikasi ini tidak begitu mahal, yaitu mulai dari 12 juta Rupiah. Hanya saja untuk saat ini paket aplikasi ini baru tersedia pada platform Android saja sedang kan untuk aplikasi iOSnya masih dalam proses pengembangan. Untuk dapat menggunakan layanan ini Anda dapat melakukan pemesanan dengan menghubungi marketing kami melalui Contact Form dan juga melalui chat.

Apabila Anda juga menginginkan aplikasi ini dalam platform iOS, kami dapat membuatnya melalui aplikasi custom. Silahkan menghubungi kami untuk segala kebutuhan aplikasi Anda baik untuk android maupun iOS.

Harga membuat aplikasi klinik

Aplikasi klinik ini adalah aplikasi yang dilengkapi dengan sistem reservasi canggih untuk penyediaan layanan medis dari klinik kesehatan.
Dengan menggunakan sistem ini pihak rumah sakit atau klinik dapat menerima reservasi dari pengguna atau pasien selama 24 jam nonstop. Pihak rumah sakit juga dapat melakukan pengaturan  jadwal dan hari libur dokter melalui back end admin, dan jadwal tersebut akan secara otomatis sampai ke tangan pasien melalui aplikasi penggunanya.

Ketika pasien melalukan reservasi untuk pemeriksaan medis, pasien akan secara otomatis mendapatkan umpan balik berupa pemberitahuan status reservasi. Manajemen reservasi ini dapat juga dilakukan  di luar jam konsultasi pasien sehingga tidak harus membuat pasien lama menunggu. Pasien bisa melakukan reservasi di mana saja dan kapan saja melalui ponsel pintarnya.
Kemudian, informasi pribadi yang didaftarkan pada saat pasien melakukan reservasi akan tersimpan ke dalam database yang kemudian dapat dilihat melalui admin panel, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan hilangnya kontak ataupun catatan medis pasien.
Sistem reservasi ini sangat sederhana sehingga memungkinkan para pasien untuk membuat janji temu secara online dari rumah dan kemudian baru pergi ke klinik atau rumah sakit saat waktu pemeriksaan oleh dokter sudah dekat.

Harga untuk membuat aplikasi ini adalah mulai dari Rp12 juta. Tersedian dalam platform android dan iOS. Masing-masing dengan harga yang sama. Namun jika Anda menggunakan keduanya sekaligus, kami memberikan potongan harga sebesar empat juta Rupiah sehingga Anda cukup menyediakan dana sebesar 20 juta Rupiah saja. Untuk informasi lebih lanjut tentang aplikasi ini, silahkan kunjungi situs resmi kami atau berdiskusi dengan marketing kami.

Harga membuat aplikasi custom

Beberapa perusahaan aplikasi dan platform seluler sekarang menawarkan kalkulator yang memungkinkan Anda menentukan fitur-fitur yang Anda butuhkan dan melihat perkiraan rata-rata berapa biaya aplikasi Anda.

Kami menjalankan proyek aplikasi hipotetis melalui setiap kalkulator, menjawab pertanyaan untuk mewakili jenis fitur dan kompleksitas yang kami lihat dalam persyaratan solusi seluler canggih pelanggan kami sendiri.

Artikel Terkait  Manakah Yang Harus Dibuat Aplikasi, Website atau Keduanya?

Contoh proyek kami adalah untuk iOS dan Android dan mencakup otentikasi login, logika bisnis dan UI yang kompleks, fungsionalitas offline, dan koneksi backend. Singkatnya, harga suatu produk dapat bervariasi dari Rp25 juta Rupiah hingga ratusan juta Rupiah. Kesenjangan yang cukup signifikan, bukan? Apalagi untuk sebuah aplikasi custom.

Aplikasi custom yang kami maksud adalah aplikasi yang dibuat dengan berdasarkan dan sesuai dengan permintaan dari klien kami baik dari segi system, fitur-fitur hingga desainnya yang bertujuan untuk mendukung bisnis klien kami.

Harga membuat aplikasi custom seperti ini cenderung lebih mahal daripada paket hemat yang kami tawarkan di atas.

Aplikasi ini biasanya diperuntukan bagi pengusaha yang ingin memulai bisnis startup dengan ide brilian mereka.

Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi custom, pastikan untuk terlebih dahulu menyiapkan konsep lengkap dari aplikasi yang Anda ingin buat. Karena data Anda adalah salah satu factor penentu harga untuk aplikasi Anda. Artinya, semakin kompleks aplikasi tersebut, maka semakin besarlah dana yang harus Anda siapkan untuk membuatnya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya