Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi GameCross Platform Gaming: Mainkan Game di Banyak Perangkat

Cross Platform Gaming: Mainkan Game di Banyak Perangkat

-

Last Updated on February 11, 2023 by

Selain membantu menyelesaikan berbagai macam pekerjaan, smartphone dan PC juga sudah umum digunakan untuk main game. Didukung dengan semakin banyaknya pilihan game yang tersedia serta kemampuan grafis yang mumpuni, PC dan mobile gaming sudah menjadi sektor yang berkembang sangat pesat dengan kualitas dan pengalaman bermain yang tidak kalah seru dengan bermain game di console khusus. Tetapi memang banyak orang yang masih punya alasan khusus untuk memiliki perangkat console game sendiri. Beragamnya jenis perangkat yang digunakan ini membuat para pengembang game semakin menyadari pentingnya cross platform gaming. Hal tersebut akan kami bahas sedikit di artikel kali ini, jadi untuk Anda yang masih bingung, bisa disimak ya!

Apa itu cross platform gaming?

cross platform gaming

Cross Platform Gaming adalah istilah untuk game yang tersedia dan dapat dimainkan di beragam jenis perangkat, mulai dari perangkat console, PC, hingga smartphone. Istilah ini dapat berarti sebuah permainan tersedia di beberapa jenis perangkat atau beberapa jenis sistem operasi, seperti PlayStation, Xbox, Nintendo Switch, Windows, Linux, Android, Steam, dan platform lainnya. Tidak peduli perangkat apa yang digunakan, semua pemain dapat bermain bersama pemain lainnya pada game yang sama secara online. Oleh karena itu, istilah cross platform gaming seringkali disamakan dengan cross platform play. Banyak sekali permainan berbasis multiplayer yang menerapkan cross platform gaming untuk menjaring lebih banyak pemain.

Mengapa harus cross platform?

Maraknya permainan cross platform membuat banyak gamer yang sering menanyakan ketersediaan suatu game di berbagai macam platform saat game tersebut akan rilis. Itu tandanya cross platform gaming menjadi faktor yang penting saat ini. Kira-kira mengapa demikian?

Artikel Terkait  Panduan Membuat Game Android Terbaik Beserta Tipsnya

Pada awalnya, banyak game yang eksklusif dirancang untuk perangkat konsol dari pabrikan tertentu saja. Ini menjadi hal yang cukup sulit bagi calon pembeli game konsol, karena kelengkapan katalog game yang tersedia juga harus dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan. Calon pemain juga dipersulit karena mereka harus membeli perangkat tertentu hanya untuk bisa memainkan suatu game.

Seiring waktu, beberapa orang menyadari kemampuan power dari PC yang selain dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan, juga memiliki kemampuan grafis yang tidak kalah mumpuni, atau bahkan melampaui kemampuan konsol game. Gaming di PC pun turut mengalami perkembangan yang pesat. Tidak berhenti di PC saja, kemampuan prosesor di smartphone juga tak bisa disepelekan, ditambah lagi smartphone dapat dimiliki lebih banyak orang dan digunakan di mana saja. Maka wajar jika developer game juga ikut menjadikan PC dan ponsel pintar sebagai pasar yang penting.

Cross platform gaming sendiri membawa dampak yang baik bagi pengembang game dan pengguna. Pengembang game dapat memperbanyak user base atau jumlah pemain aktif, dan pengguna sebagai pemain dapat mulai main tanpa perlu memandang jenis perangkat yang digunakan. Komunitas pemain yang besar akan mendorong pengembangan fitur yang lebih pesat, mencetak pendapatan yang lebih besar, serta dapat membuat pemain baru lebih tertarik untuk menjadi bagian dari keluarga game tersebut.

Selain itu, pembuatan game cross-platform memiliki keunggulan lainnya, yaitu:

  1. Mempermudah proses pengembangan game: Permainan yang dibuat di beberapa platform sekaligus dapat memudahkan proses pengembangannya jika dibandingkan dengan membuat game di satu platform lalu di-port ke platform lain setelahnya.
  2. Menghemat waktu dan biaya maintenance: permainan yang langsung dibuat di beberapa platform biasanya dapat dikembangkan dengan satu sumber kode, dengan demikian pengembangan fitur dan pembenahan masalah dapat dilakukan dengan lebih cepat dengan biaya yang lebih sedikit.
  3. Membebaskan pengguna: dengan permainan cross platform, pengguna bisa main dari perangkat mana saja dengan gaya yang berbeda. Pemain dapat bermain dari ponsel sehingga game dapat dimainkan dimana saja, atau dapat bermain di perangkat konsol dengan perangkatcontroller khusus agar mampu mengendalikan berbagai aspek. Bahkan pemain dapat menghubungkan controller tersebut ke laptop, sehingga dapat langsung mulai main saat hanya membawa laptop saja.
  4. Pemasaran yang terpusat: jika game sudah tersedia secara cross platform, developer dapat fokus ke pemasaran game saja tanpa perlu memikirkan platform mana yang lebih menguntungkan.
Artikel Terkait  Cara Membuat Game 2D dengan Flutter

Apa yang membuat cross platform gaming bisa diwujudkan?

cross platform gaming

Biasanya, beberapa permainan yang tersedia di berbagai platform sekaligus memanfaatkan koneksi internet untuk fitur-fitur tertentu, seperti memungkinkan pengguna berbeda-beda bermain dalam satu permainan yang sama secara kompetitif. Di game-game masa kini, para pemain akan menyimpan beberapa jenis data misalnya pencapaian yang sudah diraih serta elemen dalam game yang sudah dimiliki. Nah, agar data ini dapat “dibawa” ke berbagai platform, developer game akan menerapkan suatu sistem identitas untuk setiap pemain agar data-data pemain tersebut dapat di-transfer seandainya pemain berpindah perangkat.

Sistem identitas tersebut tentunya membutuhkan tempat penyimpanan khusus. Maka dari itu, banyak pengembang game memanfaatkan sistem akun dan cloud computing yang disediakan penyedia platform, misalnya Google, Apple, Sony, atau Microsoft. Dengan sistem akun seperti ini, pengguna sebagai pemain dapat membuat identitas sesuai keinginan mereka sendiri. Tidak jarang juga identitas ini menjadi jalan penghubung mereka dengan pemain lain untuk membentuk komunitas. Selain itu, sistem cloud dapat digunakan untuk menyimpan progress sampai mana pemain itu terakhir kali menyelesaikan permainan mereka, sehingga dapat langsung dilanjutkan di perangkat lain.

Apa tantangan dalam mengembangkan permainan cross-platform?

Pengembangan game memiliki kesulitan tersendiri dibandingkan pengembangan aplikasi biasa. Developer perlu merancang aspek-aspek seperti tampilan background, visual, pemodelan aset-aset terutama jika ingin menggunakan objek 3 dimensi, berbagai macam detail, antarmuka, animasi, respon terhadap kontrol, dan lain-lain. Maka dari itu, penting untuk memanfaatkan tools, membuat logika dan juga model aset yang dapat digunakan berulang untuk membangun game multi-platform.

Artikel Terkait  10 Aplikasi Pembuat Game untuk Game Developer

Perangkat yang beragam memiliki kemampuan pemrosesan yang berbeda. Setiap perangkat memiliki cara input sendiri, misalnya pada smartphone operasi dilakukan dengan menyentuh layar, pada PC atau laptop dilakukan dengan mouse atau touchpad dan keyboard, dan perangkat konsol menggunakan controller yang dirancang sedemikian rupa. Jika ada interaksi yang dirancang untuk perangkat controller, perlu memikirkan pula bagaimana interaksi tersebut dapat dibuat di perangkat lainnya. 

Mengembangkan game cross platform di satu sisi dapat menghemat biaya dan waktu dalam menyempurnakannya, namun juga di sisi lain dapat membuat keseluruhan prosesnya cukup lama karena perlu optimalisasi pada berbagai perangkat. Namun, “mengubah” game dari satu platform ke platform lainnya juga bukan perkara mudah dan masih memerlukan proses optimalisasi juga. Daripada membangun ulang game untuk sistem operasi berbeda, rasanya lebih menguntungkan jika game memang dikembangkan secara cross platform dari awal.

Penutup

Itu dia artikel kami kali ini yang membahas cross platform gaming atau yang bisa juga disebut cross-play. Banyak sekali yang merekomendasikan Unity, Unreal Engine atau Godot Engine untuk Anda yang ingin mulai pengembangan game cross platform. Jika ingin tahu lebih lanjut, artikel kami sebelumnya sempat membahas tentang game engine terbaik yang mungkin menarik dicoba. Selain itu kami pernah membahas beberapa aplikasi terbaik untuk membuat game untuk menambah referensi dalam pengembangan game Anda.

Ingin tahu informasi menarik lainnya seputar pengembangan aplikasi dan website? Ikuti terus kami di appkey.id agar tidak ketinggalan ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya